Subscribed unsubscribe Subscribe Subscribe

yola-swastika’s blog

Tips Kesehatan Ibu Hamil

Makanan Yang Baik Di Konsumsi Ibu Hamil Sehat pada Trimester Pertama Kehamilan

f:id:yola-swastika:20160810233359j:plain

Makanan yang baik untuk ibu hamil muda selalu menjadi perhatian khusus bagi siapa saja yang ingin memiliki janin dan bayi yang sehat. Sebab jika tidak, akan beresiko tidak baik bagi janin yang di kandungnya.

Asupan makanan yang sehat sangat diperlukan oleh ibu hamil sehat dikarenakan pada usia ini rentan mengalami keguguran. Selain itu gangguan yang seringkali terjadi pada ibu hamil di trimester pertama adalah mual, muntah hingga kehilangan nafsu makan.

Padahal pada usia kehamilan trimester pertama sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral sehingga dapat berkembang dengan baik. Seringkali pada usia kehamilan yang masih muda anda menebak-nebak pantangan dan keharusan mengkonsumsi jenis makanan.

Lantas bagaimana makanan yang sehat untuk ibu hamil muda? Pada ibu hamil muda bukan berarti harus mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak akan tetapi memperhatikan kualitas dari makanan yang anda konsumsi.

Pengaturan makanan yang sehat untuk ibu hamil yang anda konsumsi harus tepat sasaran yaitu disesuaikan dengan perkembangan usia kehamilan, kebutuhan dan perkembangan janin.Terlebih bagi awal kehamilan dimana perubahan hormonal dapat meningkatkan sensitivitas yang mempengaruhi ibu hamil muda.

Satu bulan termasuk dalam trimerter pertama ( 3 bulan pertama). Fase ini sangat penting diperhatikan karena awal-awal pertumbuhan awal janin dan pembentukan organ.
Makanan perlu diperhatikan pada fase ini karena wanita juga terkadang terkena mual-muntah (morning sickness) yang membuatnya sulit untuk makan dengan benar.

Makanan yang perlu dihindari pada trimester pertama kehamilan:

  • junk food misalnya gorengan dipinggir jalan (minyaknya sudah banyak dipakai)
  • makanan olahan (instan)
  • makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih
  • makanan yang bisa merangsang perncernaan berlebih seperti terlalu pedas, banyak lemak dan lain-lain

Makanan yang dianjurkan saat trimester pertama kehamilan:

  • makanan yang mengandung protein
  • buah-buahan
  • sayuran dan biji-bijian
  • susu serta lemak sehat
  • nutrisi yang penting adalah asam folat untuk ibu hamil untuk perkembangan otak janin di trimester pertama. Bisa didapat dari sayuran hijau, biji-bijian atau dari suplemen.

Demikian anjuran tentang makanan yang baik untuk ibu hamil dan larangan makanan yang sebaiknya di hindari di sajikan untuk Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda terapkan demi menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. dan terima kasih telah berkunjung. Info lengkap silahkan kunjungi: griyabunda.com